Profil

Universitas Negeri Jakarta didirikan pada tahun 1964 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Jakarta). IKIP Jakarta merupakan perluasan mandat dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Indonesia (UI) berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia No. 1 Tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963 yang ditandatangani oleh Presiden Ir. Soekarno. Dalam perkembangan selanjutnya, IKIP Jakarta diberi perluasan mandat untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan non kependidikan dalam wadah universitas. IKIP Jakarta sejak tanggal 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berdasarkan Keppres No. 093 Tahun 1999, tanggal 4 Agustus 1999 yang ditandatangani oleh Presiden Dr. Ing. BJ. Habibie.

Sebagai Badan Publik yang wajib melaksanakan amanat Undang-Undang Indonesia Nomor. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Rektor UNJ melalui Peraturan Rektor No. 5 Tahun 2021 tertanggal 3 Juli 2021 menetapkan mekanisme layanan informasi publik di lingkungan Universitas Negeri Jakarta. Dalam rangka pelaksanaan pelayanan informasi publik tersebut, dibentuklah stuktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) berdasarkan Keputusan Rektor No. 704/UN39/HM.02/2021. Pada Keputusan tersebut, fungsi PPID UNJ dilaksanakan oleh Kantor Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama yang dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh Kantor Humas dan Informasi Publik sebagai PPID Pelaksana.

Semangat untuk menjadi Badan Publik yang informatif merupakan landasan dihadirkannya laman PPID UNJ (ppid.unj.ac.id) sebagai portal pelayanan informasi satu pintu bagi masyarakat. Portal PPID UNJ ini diharapkan dapat menjadi penghubung yang mendekatkan UNJ dengan masyarakat.